Tuesday, April 3, 2012

Elemen Pendukung SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog

1. Keterkaitan Nama Domain
Cara Kerja search engine pertama kali ketika dimasukkan keyword adalah menyesuaikan antara keyword tersebut dengan nama domain dari sebuah website atau blog. Jadi sebelum membuat blog pertimbangkan terlebih dahulu nama domain yang anda kehendaki. Usahakan sebuah nama domain bisa mencakup isi dan materi dari keseluruhan sebuah blog atau website.

2. Title (Judul)
Penggunaan dan penempatan sebuah title atau judul akan membantu sebuah blog untuk dapat bertanding diurutan atas mesin pencari terutama google. Oleh karena itu usahakan antara judul blog dengan artikel yang diposting mempunyai korelasi  antara keyword dan deskripsi dari isi materi sebuah blog.

3. Meta Keyword
Pada metadata mencakup semua informasi pada suatu data. Hal ini berlaku juga untuk sebuah website atau blog. Untuk memasukkan metadata kedalam website atau blog anda dapat menggunakan meta tag, <meta>. Metadata yang berguna untuk mendukung SEO adalah meta keyword dan meta deskripsi.
Jika anda sudah mengatur meta keyword dan cocok dengan keyword yang dimasukkan oleh pengguna internet pada mesin pencari, maka website atau blog anda akan muncul diantara jutaan website atau blog yang ada.

Kode perintah meta keyword yang kita atur untuk mempermudah mesin pencari menemukan website atau blog kita adalah sebagai berikut :
<meta content='keyword yang diinginkan' name='keyword'/>
Adapun langkah-langkah memasukkan keyword kedalam blog adalah
a. Masukkan kode di atas pada tata letak > Edit HTML
b. Letakkan kode meta keyword tersebut diantara <head>.... </head>
c. Keyword dapat ditulis pada bagian content. Jika lebih dari satu keyword dipisahkan dengan tanda koma.

4. Deskripsi
Meta deskripsi tidak kalah pentingnya dengan meta keyword. Kedua meta ini harus diletakkan di sebuah website atau blog agar mesin pencari mampu menemukan blog anda. Sama seperti meta keyword di atas, langkah-langkah menggunakan meta deskripsi di blog sebagai berikut
a. Masukkan kode berikut pada tata letak > Edit HTML
<meta content='deskripsi blog yang diinginkan'name='description'/>
b. Letakkan kode tersebut diantara <head> ...... </head>

5. Keterkaitan isi atau konten
Isi atau konten sebuah blog bisa mencantumkan dan memberi korelasi antara isi postingan setiap artikel dengan keyword. Jadi usahakan anda selalu konsisten dengan tulisan anda. Semakin banyak anda mengulang-ulang dan memasukkan keyword ke dalam artikel, maka blog anda akan semakin berani tampil di halaman awal mesin pencari.

6. Sitemap
Sitemap dapat diumpamakan sebagai sebuah peta dari seluruh isi blog anda. Dengan sitemap blog akan semakin mudah untuk dikenali mesin pencari.

7. Natural listing
Adalah salah satu alat untuk optimasi SEO dengan cara mendaftarkan website atau blog anda ke mesin pencari maupun web directory. Tidak usah terlalu banyak mendaftar diberbagai mesin pencari akan tetapi pilih saja di beberapa mesin pencari yang mempunyai popularitas yang tinggi, seperti google.com, yahoo.com, MSN.com, dan Dmoz.org.

8. Backlink
Adalah salah satu cara untuk optimasi SEO dengan cara memperoleh dukungan dari website atau blog orang lain. Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas dari sebuah halaman website atau blog. Backlink yang baik adalah backlink yang berasal dari website atau blog yang memiliki peringkat google (pagerank) yang tinggi.

No comments:

Post a Comment