Wednesday, November 21, 2012

Software untuk Melindungi Anak dari Konten Tak Diinginkan

Internet adalah media yang serba ada. Bagaimana tidak, semua bisa di cari di internet baik berupa hal-hal yang positif maupun negatif. Sebagai orang tua maupun guru perlu untuk mengantisipasi dengan menangkal hal-hal negatif tersebut adalah dengan menginstal software pengaman di komputer kita.
Akan tetapi yang harus diingat adalah, berbagai macam software yang tersedia tidaklah menggantikan peran orang-tua maupun guru, software hanyalah alat bantu, yang tidak bisa menjamin 100% menghalau materi negatif dari Internet. Karenanya pengawasan dari langsung dari orang tua maupun guru masih tetap diperlukan. Berikut ini adalah software pengaman yang dapat kita gunakan antara lain :


K9 Web Protection
Software ini untuk mencegah anak sengaja atau tidak sengaja membukan dan/atau melihat berbagai gambar yang tak layak (pornografi, sadisme, dan sebagainya) yang terdapat di situs Internet. Software ini juga akan memudahkan orang tua untuk memonitoraktifitas anak selama online dengan berbagai variasi metode pengawasan. Fungsi lain dari software ini adalah untuk membatasi jumlah/durasi waktu anak dalam menggunakan Internet. Termasuk untuk pengaturan hari dan jam tertentu sehingga komputer dapat atau tidak dapat digunakan oleh anak untuk ber-internet. Alamat dapat anda lihat disini

Kid Rocket
Software browser adalah yang menjadi perantara utama antara Internet dengan komputer yang digunakan. Browser anak secara umum telah dirancang untuk semaksimal mungkin menyaring berbagai situs, gambar atau teks yang tak layak diterima anak. Browser anak juga didisain untuk menarik dan mudah digunakan oleh anak. Alamat dapat anda lihat disini

DNS Nawala
Kalau Anda telah memutuskan ingin memblokir/memfilter (self-censorship) komputer di sekolah, warnet, kantor ataupun rumah, maka gunakanlah DNS Nawala Project. Nawala Project adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan konten negatif. Alamat bisa anda lihat disini.

Anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya karena software di atas memiliki versi berlisensi freeware (gratis dan bebas digunakan bagi pengguna individu ataupun non profit) ataupun shareware (gratis dan bebas digunakan dalam periode waktu tertentu). Semoga bermanfaat…..

No comments:

Post a Comment