Wednesday, April 18, 2012

Widget Pilihan untuk Mempercantik Blok

Pada dasarnya widget dasar sudah tersedia di blogger. Namun jika anda mengiginkan widget lain yang anda butuhkan, maka pemasangan widget dapat anda dapatkan dengan mudah pada pihak-pihak penyedia layanan dengan hanya mendaftar atau bahkan ada yang tidak perlu mendaftar sama sekali untuk mendapatkan widget yang anda inginkan.

Berikut ini adalah beberapa widget yang cukup diperlukan dalam sebuah blog, namun saya menyarankan bahwa dalam pemasangan widget tidak perlu berlebihan yang berakibat blog anda kurang profesional di samping itu juga akan membebani loading halaman blog anda.

1. MyBlogLog's Recent Reader
Widget yang satu ini berguna untuk memperlihatkan alvatar dari para pengunjung blog.

2. Mashable
Widget ini menyediakan semacam  newsreel (headline news) dalam elemen blogger yang memberikan cuplikan berita atau postingan dari social networking.

3. Preview Anywhere
Widget ini juga disebut snapshots untuk pengguna blogger. Fungsinya untuk melihat preview link keluar dengan tampilan popup ketika pengunjung mengklik mouse pada teks maupun bannernya.

4. Box Widget
Widget ini memudahkan pengunjung blog untuk mengupload file ke tempat penyimpanan online box.net melalui widget box.net pada blog anda.

5. Criteo AutoRoll
Widget ini akan memperlihatkan link menuju blog-blog yang sehaluan dengan blog anda.

6. FeedCount
Widget ini menampilkan jumlah pengunjung blog anda.

7. MyPageRank
Widget ini untuk menunjukkan rangking pada google atau Google PageRank (PR). Perangkingannya antara 1 sampai 10, semakin tinggi nilai PR sebuah blog maka semakin baik blog tersebut menurut google.

8. Web/blog Counter
Widget ini datangnya dari Histats.com yang memungkinkan anda bisa melacak pengunjung blog anda dari mana saja.

9. Google Map 
Widget ini memperlihatkan pencarian pada peta google dari blog anda.

10. Shoutbox
Widget ini berfungsi untuk menampung pesan dari para pengunjung blog anda. Untuk shoutbox anda dapat menggunakan beberapa layanan diantarantanya shoutmix, cbox, ataupun oggix.

Demikian beberapa widget yang dapat anda gunakan untuk mempercantik blog anda.

2 comments:

  1. mantap makasi atas infonya..gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. sama2 untuk agan dan makasih juga udah mampir

    ReplyDelete